Beranda Memulai Artikel

Gambaran Umum

Diposting pada 2025-02-08 Diperbarui pada 2025-02-08

Sebelum mulai menggunakan PASPORSISWA, pertimbangkan skenario umum sekolah kelas 1 hingga 12, setiap kelas memiliki bagian seperti Bagian A, Bagian B. Akan ada berbagai mata pelajaran untuk kelas yang berbeda seperti beberapa mata pelajaran teori dan beberapa praktik. Ujian dibuat menggunakan mata pelajaran dan kelas ini. Siswa masuk ke kelas dengan penerimaan baru atau dipromosikan oleh kelas sebelumnya setelah berhasil lulus dari kelas sebelumnya. Selama kursus siswa, kami akan mengenakan biaya kepada siswa dan menagihnya setiap bulan atau satu kali. Kami ingin mencatat kehadiran siswa kami. Sekolah kami mungkin menyediakan fasilitas transportasi untuk siswa. Sekolah kami memiliki perpustakaan bagi siswa untuk menyimpan inventaris buku. Sekolah kami memiliki asrama dan menyediakan fasilitas asrama bagi siswa kami. Tentu saja sekolah kami memiliki guru untuk mengajar dan mengelola siswa. Kami ingin berkomunikasi dengan guru, siswa, dan orang tua kami. Kami ingin mencatat semua pengeluaran yang dilakukan di sekolah kami seperti tagihan lain-lain, pembayaran gaji, dll. Setelah semuanya, kami ingin menganalisis berbagai laporan berdasarkan sekolah kami.


Jika Anda menggunakan PASPORSISWA untuk Pusat pelatihan, mungkin Anda ingin menerima siswa di dua kelas, untuk ini Anda harus menggunakan fitur kelas jamak di mana Anda dapat menerima satu siswa di dua kelas secara bersamaan.


Selain itu, kami juga ingin menyediakan akses ke PASPORSISWA kami kepada pengguna lain seperti Guru, Akuntan, Pustakawan, Siswa, dan Orang Tua mereka. PASPORSISWA ini memiliki 8 peran pengguna bawaan - SuperAdmin , Admin , Guru , Akuntan , Pustakawan , Resepsionis , Siswa , dan Orang Tua . Secara virtual, Anda dapat membuat peran pengguna yang tidak terbatas jumlahnya untuk anggota staf.


Panel Admin: - Masuk ke Panel Admin melalui URL - http://domainanda.pasporsiswa.id/site/login



Setelah berhasil masuk, Anda akan mencapai Dasbor Admin. Di bawah ini, Anda dapat menemukan ikhtisar navigasi layar pengguna.




Panel Admin terdiri dari 26 modul yang tercantum di bawah ini -


  1. Kantor Depan - Untuk semua kegiatan yang berhubungan dengan penerimaan tamu/kantor depan seperti pertanyaan, panggilan, pengunjung, penerimaan/pengiriman pos.
  2. Informasi Mahasiswa - Untuk semua informasi yang berhubungan dengan mahasiswa seperti profil mahasiswa, penerimaan mahasiswa, riwayat mahasiswa.
  3. Pengumpulan Biaya - Untuk semua rincian yang terkait dengan pengumpulan biaya siswa, pembuatan master biaya, iuran biaya, laporan biaya
  4. Pendapatan - Untuk semua pendapatan selain pengumpulan biaya dapat dikelola di sini seperti menambah pendapatan, mencari pendapatan, kepala pendapatan
  5. Biaya - Untuk semua biaya yang terkait dengan sekolah dapat dikelola di sini seperti menambah biaya, mencari biaya, kepala biaya
  6. Kehadiran - Untuk mengelola kehadiran siswa dan laporan kehadiran
  7. Ujian - Untuk mengelola semua ujian yang dilakukan oleh sekolah seperti membuat ujian, menjadwalkan ujian, memasukkan nilai ujian, menilai nilai
  8. Ujian Online - Untuk mengelola ujian online yang dilakukan oleh sekolah
  9. Rencana Pelajaran - Untuk mengelola status mata pelajaran dan rencana pelajaran
  10. Akademik - Untuk mengelola semua parameter / data master yang diperlukan untuk menjalankan sekolah seperti kelas, bagian, mata pelajaran, menugaskan guru, jadwal kelas, mempromosikan siswa ke kelas atas
  11. Sumber Daya Manusia - Untuk semua informasi yang terkait dengan anggota staf dapat dikelola di sini seperti pencarian staf, profil, kehadiran, penggajian, cuti
  12. Berkomunikasi - Ini berfungsi seperti papan pengumuman pada dasarnya sistem pengiriman pesan untuk komunikasi ke
  13. Pusat Unduhan - Untuk mengelola dokumen yang dapat diunduh seperti tugas, materi pelajaran, silabus dan dokumen lain yang perlu didistribusikan kepada siswa dan guru 14.
  14. Pekerjaan Rumah - Guru dapat memberikan pekerjaan rumah di sini dan mengevaluasinya lebih lanjut
  15. Perpustakaan - Semua buku di perpustakaan Anda dapat dikelola di sini
  16. Inventaris - Kelola semua aset sekolah Anda dengan stok dan simpan di bawah modul inventaris
  17. Transportasi - Untuk mengelola layanan transportasi seperti rute dan tarifnya
  18. Asrama - Untuk mengelola asrama, kamar asrama dan tarifnya
  19. Sertifikat - Rancang dan buat sertifikat siswa dan kartu identitas di sini
  20. CMS Depan - Kelola situs publik depan PASPORSISWA di sini dengan membuat halaman, menu, acara, galeri, berita
  21. Alumni- Untuk mengelola semua catatan dan acara siswa yang lulus atau alumni
  22. Laporan - Semua berbagai laporan yang terkait dengan berbagai modul dapat ditemukan di sini
  23. Pengaturan Sistem - Konfigurasikan PASPORSISWA di sini untuk berbagai pengaturan seperti sekolah, sesi, SMS, Pembayaran, pencadangan / pemulihan, bahasa
  24. Kalender & Daftar Yang Harus Dilakukan - Lacak dan kelola semua aktivitas harian / bulanan dan buat tugas Anda dalam daftar yang harus dilakukan
  25. Obrolan - Obrolan untuk staf dan siswa perpesanan dua arah
  26. Pembaruan Satu Klik - Untuk menginstal yang baru dalam sistem


Selain itu di Panel Admin ada 8 modul Addon yang tercantum di bawah ( Ekstensi Addon harus dibeli secara terpisah ).


  • Kelas Langsung Zoom - Kelas langsung Zoom untuk siswa dan rapat langsung untuk staf
  • Kelas Langsung Gmeet - Kelas langsung Gmeet untuk siswa dan rapat langsung untuk staf
  • Multi Cabang - Dengan multi cabang, Anda dapat mengelola beberapa cabang PASPORSISWA Anda dalam satu login
  • Otentikasi Dua Faktor – Anda dapat mengamankan login PASPORSISWA menggunakan otentikasi dua faktor
  • Catatan Perilaku – Dengan menggunakan catatan perilaku, Anda dapat merekam tingkah laku unik siswa, cara berbicara, kebiasaan, dan banyak lagi
  • Ujian CBSE – Pola ujian yang berbeda untuk PASPORSISWA.
  • Kursus Online – Kursus online untuk siswa dan staf serta tamu
  • Kehadiran Kode QR – Kehadiran Kode QR untuk siswa dan staf



Untuk memahami cara kerja PASPORSISWA pertama-tama kita perlu mengonfigurasi dan menyiapkannya untuk sekolah kita. Dalam seluruh dokumentasi ini kita akan mempertimbangkan sekolah contoh kita yaitu smamda


Langkah-langkah untuk menyiapkan sekolah Anda -


1. Di panel Admin, buka Pengaturan Sistem > Pengaturan Umum.




2. Perbarui Nama Sekolah , Kode Sekolah (Kode Sekolah adalah afiliasi sekolah / nomor akreditasi Anda), Alamat , Telepon , Email (untuk pengaturan yang tersisa, silakan periksa bagian Pengaturan Sistem), sekarang klik tombol Simpan untuk memperbarui rekaman.


3. Untuk memperbarui logo cetak sekolah Anda, buka Pengaturan Sistem > Pengaturan Umum di sisi kiri bawah, klik tombol Edit Logo Cetak (disarankan untuk logo menggunakan gambar .png dengan latar belakang transparan atau putih dan berukuran sekitar 200px x 200px). Sekarang seret dan lepas atau pilih file logo Anda. Dengan mengklik Edit Logo Admin dan Edit Logo Kecil Admin, Anda dapat mengatur logo untuk panel admin. Edit Logo Aplikasi untuk mengatur logo untuk aplikasi seluler.




4. Untuk pengiriman pesan SMS otomatis, tambahkan salah satu Gateway SMS yang tersedia dengan detail yang diperlukan dari Pengaturan Sistem > Pengaturan SMS .




5. Untuk mengaktifkan pembayaran online di Panel Orang Tua dan Panel Siswa perbarui detail akun gateway pembayaran Anda untuk ini, buka Pengaturan Sistem > Metode Pembayaran pilih gateway pembayaran yang sesuai dan tambahkan detail akun gateway pembayaran Anda lalu klik tombol simpan dan aktifkan dari kotak sisi kanan.




6. Untuk memperbarui gambar Header dan konten Footer dari Kwitansi Biaya dan Slip Gaji, buka Pengaturan Sistem > Cetak Header dan Footer , lalu seret dan lepas atau pilih Gambar Header Anda dan masukkan Konten Footer lalu klik simpan. Anda dapat memperbarui gambar Header dan konten Footer untuk Kwitansi Biaya, Slip Gaji, dan Kwitansi Penerimaan Online dan Ujian Online dengan mengalihkan tab dari sudut kanan atas halaman.




7. Pada titik ini kami telah menyelesaikan pengaturan dasar sekolah kami. Sekarang kami akan menambahkan akademisi kami di PASPORSISWA seperti Kelas, Bagian, Mata Pelajaran, Guru.


8. Untuk menambahkan kelas, buka Akademik > Kelas , sebelum menambahkan kelas, pertama-tama tambahkan Bagian dari Akademik > Bagian . Pilih Bagian yang ada di bawah Kelas saat Anda menambahkan Kelas. Kelas dapat ditambahkan dari sisi kiri formulir Tambah Kelas dan kelas yang ditambahkan dapat dilihat di sisi kanan Daftar Kelas . Tambahkan semua kelas yang ada di sekolah Anda di sini.




9. Untuk menambahkan bagian, masuk ke Akademik > Bagian , Bagian dapat ditambahkan dari sisi kiri Tambah Bagian Bahasa Indonesia: formulir dan bagian yang ditambahkan dapat dilihat di sisi kanan Daftar Bagian . Tambahkan semua nama bagian yang digunakan di sekolah Anda di sini misalnya Kelas 1 memiliki 3 bagian A, B, C dan Kelas 2 hanya memiliki bagian A, B, maka kami akan menambahkan 3 bagian A, B, C di sini. Setelah menambahkan bagian, pilih bagian yang ada di Kelas saat Anda menambahkan Kelas.




10. Untuk menambahkan mata pelajaran, buka Akademik > Mata Pelajaran , Mata pelajaran dapat ditambahkan dari sisi kiri formulir Tambahkan Mata Pelajaran dan mata pelajaran yang ditambahkan dapat dilihat di sisi kanan Daftar Mata Pelajaran . Tambahkan semua mata pelajaran termasuk teori dan praktik di sekolah Anda di sini. Mata pelajaran dapat ditetapkan melalui Grup Mata Pelajaran ke kelas mereka di langkah berikutnya.





11. Untuk menetapkan mata pelajaran ke kelas mereka, buka Akademik > Grup Mata Pelajaran , masukkan Grup Mata Pelajaran lalu pilih Kelas dan Bagian lalu pilih semua mata pelajaran yang ingin Anda sertakan di kelas dan bagian ini sebagai grup sekarang klik Simpan .




12. Untuk menambahkan Guru, buka Sumber Daya Manusia > Direktori Staf , Guru dapat ditambahkan dari sudut kanan atas tombol Tambahkan Staf . Di halaman ini Anda dapat menambahkan staf apa pun dengan memilih perannya. Jika kita membuat guru, maka kita harus memilih peran (Guru) dan jabatan. 13. Bagus! Anda telah menyelesaikan pengaturan PASPORSISWA




Anda . Untuk memahami setiap modul secara terperinci, kunjungi artikel terkait.


Apakah artikel ini bermanfaat?

[ 0 dari 0 yang Ditemukan Bermanfaat ]

Masih belum berhasil? Kami dapat membantu!

Kirimkan tiket dan kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.